Kompetisi Debat: Indonesia BISA Memberantas Korupsi!

Thanks for the competition, for all adjudicators and committees. Learn much from the debate competition :) ) Success!!”, ucap Niken Prasyasari, salah satu peserta kompetisi debat SPEAK Fest 2011. Yupz, kompetisi debat SPEAK Fest sudah usai. Keseruan telah berlalu dan pemenang sudah didapatkan. Juara pertama adalah tim dari Universitas Tarumanegara yang terdiri dari Didi, Rudy dan Haryanto. Sedangkan juara kedua direbut oleh tim dari HES yang terdiri dari Fadhli, Claudia, Rizky. Selamat ya buat para JUARA! :D

Babak penyisihan kompetisi debat diadakan pada Sabtu, 26 November. Sementara babak semifinal dan final diadakan pada Minggu, 27 November. Acaranya sendiri digelar di markas ClubSPEAK, Transparency International Indonesia, Jakarta Selatan. Total jendral peserta kompetisi debat adalah delapan tim yang tersebar dari berbagai kampus dan club debat. Bahkan ada satu tim peserta yang jauh-jauh datang dari Universitas Negeri Solo, lho! Salut buat Kalis, Yanto dan Kuncoro atas semangatnya!

Kompetisi debat diawali dengan tahap penjaringan peserta. Para pendaftar mengirimkan esai dengan tema “Indonesia bersih dari korupsi, mungkinkah?”. Total esai yang masuk ada sebelas. Kesebelas esai yang masuk diseleksi hingga didapat delapan esai yang mewakili delapan tim yang lolos.

Babak seleksi dibagi menjadi empat pertandingan dengan peserta yang bervariasi latar belakangnya, diantaranya dari Universitas Indonesia, Universitas Tarumanegara, Komunitas HES, Puskar Bangsa, dan Universitas Negeri Solo. Babak penyisihan meloloskan dua tim dari Universitas Tarumanegara, satu tim dari Universitas Indonesia, dan satu tim dari Club HES.

Lomba debat yang diselenggarakan oleh SPEAK bertemakan anti korupsi, dimana perdebatan akan berkonsentrasi bagaimana cara terbaik untuk menyelesaikan masalah korupsi. Sistem yang digunakan dalam lomba debat menggabungkan antara sistem debat parlementer dengan debat proposal. Debat SPEAK ini bukan hanya untuk memperlombakan bagaimana para peserta dapat terlihat meyakinkan ketika berbicara, tetapi juga bersaing tim mana yang dapat menyajikan solusi yang lebih baik daripada tim yang lain.

Atas alasan itulah sistem debat SPEAK disesuaikan untuk tidak hanya melahirkan peserta yang pandai berbicara ketika berdebat, tetapi memiliki analisis yang tajam dan solutif. Debat seperti ini akan membangun persaingan yang konstruktif, tidak destruktif, karena yang diharapkan dari lomba debat ini adalah peserta dapat bersaing untuk menyajikan solusi yang terbaik, dimana solusinya terbuka untuk dikritik dan dicari kelemahannya oleh lawan debat. Pertandingan debat akan memposisikan dewan juri sebagai pihak yang akan mengambil suatu keputusan, sedangkan kedua tim peserta adalah pihak yang bersaing untuk menyajikan solusi untuk kemudian dapat disetujui oleh dewan juri.

Pemenang serta Runner Up kompetisi debat ini tidak hanya berhenti begitu saja sampai pertandingan final lho. Mereka akan tampil sebagai orator di panggung SPEAKFest pada 10 Desember 2011 untuk menyebarkan pengetahuan dan semangat mereka dalam melawan korupsi. Jangan lupa saksikan aksi mereka ya! (@adriandanarw | @wawanism)

sumber: http://speakfest.ti.or.id/?p=834

Kompetisi Debat: Indonesia BISA Memberantas Korupsi!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s