Negarawan Indonesia: Solusi Kegagalan Bangsa

Negeri ini dahulu memiliki sosok negarawan panutan, sebut saja Soekarno, Hatta, Syahril, serta Tan Malaka.Mereka adalah para pejuang yang lebih mengutamakan kepentingan negara daripada kepentingan pribadi. Mereka adalah orang-orang hebat yang berani terbuang ke dalam pengasingan pada zaman penjajahan, bahkan seorang Hatta berani berjanji tidak akan menikah sebelum Indonesia merdeka dan ia menepatinya.

Kehidupan mereka dibalut dengan kesederhanaan dalam bersikap serta semangat pengabdian yang tinggi hingga akhirnya cita-cita kemerdekaan Indonesia yang mereka harapkan pada saat itu dapat tercapai. Saat itu rakyat Indonesia dengan senang hati mempercayakan pengelolaan negara kepada mereka.

Kini Indonesia mengalami masa-masa krisis terutama krisis kepercayaan rakyat kepada pejabat-pejabat negaranya, situasi yang benar-benar berbeda dengan keadaan Indonesia pada awal kemerdekaan.Hal ini wajar adanya karena rakyat secara langsung melihat kebobrokan-kebobrokan negara yang diakibatkan oleh ulah pejabat negaranya sendiri.

Wajah politik Indonesia mulai menjadi wajah yang menjijikkan dengan ulah-ulah politisinya yang bermain-main dengan korupsi dan hukum. Rasa muak rakyat terhadap tingkah pejabat negara inilah yang menjadi salah satu dasar menurunnya tingkat kepercayaan rakyat terhadap pejabat negaranya. Jika kondisi seperti ini terus terjadi, Indonesia kedepan akan benar-benar menjadi negara gagal karena rakyatnya tidak lagi peduli pada pemerintahnya.Lalu,apa jadinya negara tanpa rakyat? Indonesia akan hancur.

Krisis kepercayaan rakyat terhadap pejabat negara seharusnya menjadi salah satu bentuk evaluasi kinerja pemerintah.Rakyat saat ini mulai merindukan sosok negarawan Indonesia awal kemerdekaan yang lebih mengutamakan kepentingan negaranya tidak seperti pejabat negara saat ini yang lebih mementingkan kepentingan golongan dan diri sendiri hingga berlomba-lomba melakukan korupsi.

Inti sikap negarawan Indonesia adalah integritas diri, saat apa yang dikatakan dan apa yang dilakukan benar-benar sesuai norma dan aturan yang berlaku. Negarawan Indonesia kedepan adalah seorang yang dapat menjadi teladan, menjadi berbeda dengan prinsipnya, mampu berkontribusi nyata, dan tidak hanya sekadar wacana sehingga kepercayaan rakyat dapat dibangun kembali. Inilah solusi atas kehancuran Indonesia di atas.

Indonesia masih mampu untuk bertahan dan lebih mampu lagi untuk menjadi lebih baik dari kondisi saat ini. Sosok negarawan Indonesia adalah kuncinya. Pejabat negara harus segera berbenah atau rakyat yang menyiapkan diri menjadi sosok negarawan tersebut agar siap menggantikan pejabat-pejabat busuk negeri ini karena perubahan harus segera dimulai.

Presiden BEM FH UNS

Kuncoro Probojati

suara mahasiswa harian seputar indonesia tanggal 10 Juli 2012

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/509617/

Negarawan Indonesia: Solusi Kegagalan Bangsa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s