Pemuda dan Masa Depan Bangsa

somebodynamedhana.wordpress.com
somebodynamedhana.wordpress.com

Pemuda selalu menjadi anak emas di setiap lembaran sejarah, torehan tinta perjuangan pemuda selalu menjadi kisah heroik bangsa ini sejak jaman penjajahan berlangsung hingga reformasi yang baru bergulir. Gerak pemuda selalu di nanti menjadi motor pengerak dari sebuah perubahan besar bangsa, dengan semangat untuk selalu berusaha, menjadi bagian dari solusi permasalahan bangsa. Bahkan cita – cita besar bangsa ini yang tertuang dalam pembukaan undang – undang dasar 1945 masih relevan menjadi nafas perjuangan pemuda hingga hari ini.

Jika ingin melihat masa depan sebuah bangsa maka lihatlah pemudanya, kata – kata ini seolah menjadi sebuah kata yang senantiasa diucapkan sebagai peringatan tentang pentingnya memperhatikan perkembangan kaum muda di suatu negara, pasalnya pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan bangsa, ditangannyalah masa depan bangsa terwujud menjadi jatuh terpuruk atau bangkit terangkat.

Sayangnya kondisi pemuda Indonesia saat ini lebih banyak diwarnai oleh berita – berita kurang baik tentang pemuda, contohnya tawuran pelajar, sex bebas dan narkoba. Bahkan hari ini narkoba menjadi masalah yang kian menakutkan, menjadi bayang – bayang kematian beberapa pemuda setiap tahunnya, pemuda – pemuda ini mati sia – sia karena narkoba, perbedaan kontras terlihat, padahal pemuda jaman dulu mengorbankan nyawanya untuk memerdekaan bangsa ini, sungguh sangat miris dan ironis.

Pemakai narkoba biasanya adalah mereka yang tidak mampu menyelesaikan masalah hidp yang menghadangnya, pemuda jenis ini memilih narkoba sebagai pelarian dari setiap masalah yang ada dihadapannya, seolah dengan narkoba semua masalah mereka menjadi selesai, padahal tidak demikian, pengguna narkoba justru menjadi masalah baru bagi bangsa ini.

Terlihat jelas tipe pemuda model ini masuk kedalam generasi serba instan, generasi yang menginginkan semua hal selesai secara instan, lebih memilih narkoba sebagai pelarian untuk mencari kesenangan sementara daripada menyelesaikan masalah yang dihadapinya, padahal justru dari masalah – masalah inilah seorang pemuda dapat berpikir secara lebih bijak, yang nantinya akan membentuk pola pikir yang mampu menjadi solusi dari permasalahan bangsa.

Sejatinya seorang pemimpin adalah ia yang lebih banyak menyelesaikan masalah karena darinya ia akan belajar, belajar lebih bijak dalam mengambil sebuah keputusan, generasi serba instan harus segera disadarkan tentang tanggung jawabnya memimpin bangsa dimasa yang akan datang, jangan sampai generasi ini terlambat menyadarinya lalu menyesali semua yang terjadi dimasa mudanya.

Indonesia yang saat ini memiliki jumlah penduduk usia muda yang cukup besar, tentu menjadi modal tersendiri jika nantinya mereka mampu menjadi bagian dari solusi, tapi ini semua hanya akan menjadi mimpi jika narkoba tidak segera kita perangi, pemuda tidak segera kita sadarkan tentang perannya, jika semua sudah terlambat terjadi, yang menakutkan, bisa jadi Indonesia dimasa depan, tidak hanya mengimpor hasil pangan, tapi juga mengimpor pemimpin dari negara lain, ironis tapi ini mungkin, maka mari bergerak menyadarkan pemuda, agar berani menghadapi masalahnya, serta menikmati prosesnya, karena semua ini akan menempanya menjadi seorang pemimpin bagi negeri ini, menjadi bagian dari solusi permasalahan bangsa.

Kuncoro Probojati

Pemuda dan Masa Depan Bangsa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s