Sadar akan Perubahan

clce.onmason.com
clce.onmason.com

“Perubahan itu menghancurkan sistem lama yang membelenggu” demikian kata yang disampaikan oleh Prof. Rhenald Khasali, guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI) dalam Forum Indonesia Muda (FIM) ke-14 di Cibubur, Jakarta 2-5 Mei 2013.

Saya sepakat dengan kata-kata tersebut, lebih lanjut Prof Rhenald mengatakan, “perubahan yang lambat (evolusi) lebih berbahaya daripada perubahan yang cepat (revolusi) karena di dalam  evolusi banyak yang tidak menyiapkan diri sehingga akan menyebabkan lebih banyak korban”.

Prof. Rhenald mengilustrasikannya dengan dua ekor katak, masing-masing ditempatkan pada panci yang berisi air, kemudian pada panci pertama, kondisi api langsung diperbesar, disaat yang bersamaan pada panci kedua, kondisi apinya diperbesar secara bertahap, akibatnya, katak dipanci pertama langsung melompat keluar karena terkejut, sementara katak kedua karena tidak menyadari perubahan yang terjadi, hasilnya katak rebus siap dihidangkan.

Sadar akan perubahan, senantiasa kata ini harus selalu ada di benak kita, karena sejatinya, mereka yang hari ini lebih baik dari hari kemarin adalah termasuk orang-orang yang beruntung, kita pun harus sadar, hanya ada dua pilihan dalam menyikapi perubahan, pertama, senantiasa menyiapkan diri untuk menghadapi perubahan, atau kedua, bersiap digilas oleh perubahan.

Senantiasa bersemangat menempa diri untuk belajar, adalah cara terbaik menyiapkan diri untuk menghadapi perubahan, karena darinya kualitas diri akan meningkat, sehingga bisa jadi kedepannya kita tidak hanya mampu menhadapi perubahan, tapi juga mampu berperan sebagai agen perubahan, tentunya perubahan yang positif.

Mari menyiapkan diri menghadapi perubahan agar kita tidak bernasib sama dengan katak kedua seperti yang di ilustrasikan Prof. Rhenald.

Sadar akan Perubahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s