Ruang Kecil dalam Hati

lembarnasehat.blogspot.com
lembarnasehat.blogspot.com

Hidup mengajarkan kita untuk berbagi, memberi serta saling membantu, ada rasa yang begitu spesial saat kita mampu membantu orang lain yang sedang mengalami kesulitan, meskipun tidak dibayar. Rasa itu tumbuh dan berkembang setiap kali melihat senyum orang-orang yang kita bantu.

Dr. Jose Rizal ketua Mer-C dalam sebuah sesi materi Forum Indonesia Muda (FIM) ke-14 menjelaskan bahwa ada sebuah ruang kecil dihati manusia, ruang itu haus akan rasa berbagi, memberi dan saling membantu, makin besar ruang itu, makin besar pula rasa ingin membantu yang dimiliki seseorang.

Menurut Dr. Jose alasan seperti ini yang membuat seseorang senang mengabdikan dirinya sebagai relawan, lebih lanjut Dr. Jose mencontohkan  di dalam Mer-C, sebuah lembaga yang berisi orang-orang profesional yang telah mapan bekerja, mereka bersedia menjadi relawan yang kondisi tempat bekerjanya tidak sebanding dengan tempat biasa mereka bekerja, tidak jarang justru mereka mengeluarkan uang pribadi selama menjadi relawan, perjuangan yang luar biasa.

Kuncinya ternyata bukan karena mereka bekerja di waktu-waktu luang mereka, tetapi mereka meluangkan waktu untuk menjadi relawan, pengorbanan terbesar dari para pekerja profesional adalah waktu, dan mereka memilih itu, karena bagi mereka memiliki jiwa yang bebas itu penting.

Selain ruang kecil dalam hati, yang diperlukan untuk berbagi adalah wawasan atau ilmu, karena dengan ilmu kita dapat membantu dengan lebih baik dan maksimal. Ruang kecil dalam hati tiap manusia berbeda ukurannya, ada yang besar dan ada yang sempit, padahal dari sini rasa bahagia berasal.

Ada cara untuk memperbesar ruang itu, yaitu belajar peduli dengan lingkungan sekitar, membangun kegelisahan untuk bergerak dalam diri, berusaha berdampak bagi manusia lain, agar dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Ruang Kecil dalam Hati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s