FIM dan Perjuangan Pasca Kemerdekaan

oneochand.blogspot.com
oneochand.blogspot.com

Perjuangan menuju persatuan dan kesatuan Indonesia menjadi tantangan bangsa multikultural, inilah tantangan nyata Indonesia. Perbedaan keadaan sosial, budaya, pola pikir ekonomi, serta hukum adat dimasing-masing daerah dapat dengan mudah menjadi pemecah persatuan Indonesia.

Perjuangan untuk merdeka, telah mampu menjadi pemersatu dari banyaknya gerakkan yang berbeda cara geraknya di Indonesia, menyatu dalam satu visi, untuk memerdekaan Indonesia, lalu setelah kemerdekaan telah dicapai ternyata perjuangan belum selesai, masih ada dua perjuangan besar untuk bangsa ini, perjuangan pasca kemerdekaan yaitu menjadi tuan dinegeri sendiri dan merangkai persatuan Indonesia disetiap jengkal pulau-pulau Indonesia.

Perjuangan pertama yaitu merangkai Indonesia sangat kita perlukan hari ini, agar persatuan Indonesia tetap dapat terjaga, kunci dari merangkai Indonesia terdapat dalam pembangunan Indonesia yang merata, salah satunya dengan cara mempermudah akses kepulauan indonesia, hal-hal seperti ini sangat diperlukan agar kita tidak saling merasa asing dengan warganegara Indonesia yang berbeda pulau.

Perjuangan kedua untuk menjadi tuan dinegeri sendiri penting untuk segera kita wujudkan, karena tanpa ini, sejatinya kita tetap menjadi negeri terjajah. kekayaan alam yang dimiliki bangsa ini tidak dapat dinikmati sepenuhnya untuk mensejahterakan rakyat kita sendiri.

Dalam sejarah perjuangan bangsa, selalu ada sosok pemuda yang berjuangan mengoreskan tinta emas perjuangan bangsa, sebut saja Soekarno, Hatta, Tan Malaka, dan Syahril, pemuda-pemuda terdahulu mampu berkolaborasi dengan potensi berbeda yang dimiliki dirinya untuk mewujudkan Indonesia yang merdeka.

Maka untuk mewujudkan perjuangan pasca kemerdekaan berupa merangkai Indonesia dan menjadi tuan dinegeri sendiri, Indonesia membutuhkan bantuan pemudanya, pemuda yang telah selesai dengan dirinya sendiri, yang mampu menjadi solusi permasalahan bangsa, pemuda yang tergabung dalam Forum Indonesia Muda (FIM)

FIM, dalam hal ini menjadi cara kita, pemuda Indonesia untuk belajar merangkai Indonesia, karena FIM mempertemukan perbedaan-perbedaan daerah, mempertemukan pemuda perwakilan tiap daerah dari ujung paling barat hingga ujung paling timur Indonesia, membuat pemuda-pemuda ini tidak saling asing dengan keanekaragaman budaya yang dimiliki bangsa ini, lalu dengan tema kolaborasi karya untuk negeri dalam FIM 14 kali ini, semakin memperkuat perjuangan bangsa untuk menjadi tuan dinegaranya sendiri.

Perjuangan pasca kemerdekaan bermula dari merangkai Indonesia, menyatukan potensi pemuda terbaik bangsa dalam kolaborasi karya untuk negeri, berjuang bersama menjadi tuan dinegeri sendiri. Forum Indonesia Muda. Aku untuk bangsaku!

Kuncoro Probojati

Mahasiswa Fakultas Hukum

Universitas Sebelas Maret, Solo

Anggota Smart Generation Mentorship, Solo

FIM dan Perjuangan Pasca Kemerdekaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s