Kolaborasi Pemuda: Awal kebangkitan bangsa

belajarnulisideologis.wordpress.com
belajarnulisideologis.wordpress.com

Sudah banyak tulisan yang menempatkan pemuda sebagai pemeran utama perubahan bangsa, di masa-masa kritis selalu ada sosok pemuda yang hadir sebagai solusi, memberi dengan penuh arti, disetiap perjuangan bangsa Indonesia. harga sebuah perubahan tentu tidak murah dan mudah, ada kerja keras yang harus dicapai, ada pengorbanan dari setiap yang diperjuangkan.

Diperingatinya kebangkitan nasional setiap tanggal 20 Mei menjadi simbol momentum kebangkitan bangsa, meskipun masih banyak perdebatan diluar sana yang menempatkan tanggal 16 Oktober sebagai hari kebangkitan nasional karena tanggal itu bertepatan dengan lahirnya Serikat Islam.

Sejatinya perbedaan tentang tanggal kebangkitan atau siapa yang lebih berperan dalam mempersatukan perjuangan kemerdekaan Indonesia jangan sampai justru menodai semangat awalnya, yaitu merangkai keindonesiaan, jangan sampai hal-hal semacam ini justru menjadi momentum untuk memecah belah persatuan Indonesia.

Melihat kondisi Indonesia dari wajah media, kita dihadapkan pada banyak kekurangan bangsa, seharusnya ini mampu menjadi pemacu kita untuk berbuat lebih bagi bangsa, mengutip kata-kata Bung Hatta, “Hanya ada satu negara yang pantas menjadi negaraku, ia tumbuh dengan perbuatan dan perbuatan itu adalah perbuatanku”

Karena Indonesia tumbuh dari perbuatan kita, sudah seharusnya kita tumbuhkan bangsa ini dengan karya, sebuah solusi dari masalah-masalah yang ada, karena sejatinya, menghujat tanpa berbuat tidak akan mengubah keadaan bangsa.

Selain semangat untuk berkarya, yang tidak boleh kita lupakan adalah kesamaan visi untuk beraksi karena darinya akan lahir kolaborasi karya untuk negeri, hal ini menjadi penting karena karya tanpa kesamaan visi dalam beraksi ibarat helai-helai lidi yang tidak menyatu, tentu akan berdampak lebih besar jika helai-helai lidi menjadi satu, berkolaborasi menjadi sapu lidi, sehingga mampu membersihkan masalah bangsa.

Kolaborasi menjadi kata penghubung yang terpenting untuk memaksimalkan potensi individu yang dimiliki pemuda Indonesia, dengan berkolaborasi tentu pemuda Indonesia dapat saling mengisi kekurangan yang dimilikinya dan ini sangat bermanfaat bagi kebangkitan Indonesia. Mari Berkolaborasi!

Kolaborasi Pemuda: Awal kebangkitan bangsa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s