Mesin Minuman Tradisional

www.bokunoblog.com
http://www.bokunoblog.com

Tulisan ini telah dimuat dalam Eramadina Online pada 25 Februari 2014

http://eramadina.com/mesin-minuman-tradisional/

Saat pelatihan Forum Indonesia Muda ke-14 bertempat di Cibubur, Jakarta, awal bulan Mei 2013, pada saat seleksi kolaborasi ada satu ide yang menarik, sebuah ide tentang cara memperkenalkan salah satu potensi bangsa Indonesia secara lebih modern yaitu ide tentang mesin minuman, bukan sembarang mesin minuman seperti yang banyak kita jumpai saat ini, tapi sebuah mesin minuman untuk menjual minuman asli bangsa kita.

Nantinya mesin minuman ini akan menjual minuman asli Indonesia seperti jamu, es cincau, es dawet dan minuman-minuman lain dengan resep asli Indonesia. Menurut penulis ada tiga sasaran tempat penjualan yang menjadi tujuan utama dari mesin minuman ini yaitu, institusi pendidikan, institusi pemerintah dan lokasi wisata.

Pertama, institusi pemerintah, sebagai kantor pemerintahan sudah seharusnya mampu menjadi tempat pelestarian minuman tradisional Indonesia, selain itu, jika ada kunjungan kenegaraan yang berasal dari luar negeri, tentu kita akan lebih bangga menjamu tamu negara dengan minuman tradisional kita, cara ini juga dapat dijadikan sebagai media promosi potensi negeri kepada negara sahabat.

Kedua, institusi pendidikan seperti sekolah dan perguruan tinggi juga menjadi sasaran penempatan mesin minuman tradisional, tempat ini menjadi penting sebagai media edukasi bagi siswa dan mahasiswa untuk memperkenalkan minuman tradisional kita, beserta manfaatnya, agar anak-anak muda Indonesia mengenal potensi bangsanya, dan dapat belajar membuat minuman tradisional ini sendiri sebagai langkah dalam melestarikan potensi bangsa.

Ketiga, lokasi wisata, lokasi ini menjadi strategis karena tentu akan banyak wisatawan mancanegara yang menjadi turis asing berkunjung ke lokasi wisata menyaksikan peninggalan-peninggalan sejarah luar biasa milik negeri pertiwi, tentunya setelah lelah berjalan, sang turis akan mencari minuman untuk menghilangkan lelah, disinilah mesin minuman mendapat dua keuntungan sekaligus, yaitu memiliki nilai ekonomis karena berdaya jual tinggi serta mampu menjadi media pengenalan potensi negeri kepada turis asing.

Ada cerita menarik tentang ini, sekitar bulan Oktober 2013, dalam kunjungan ke Jogja untuk membeli beberapa buah buku, setelah lelah berjalan, penulis memutuskan menikmati segelas es cincau, yang menarik selama penulis membeli dan meminum es cincau ini ternyata ada dua orang asing warga negara jepang yang mengarahkan kamera kepada penulis.

Satu orang Jepang yang dapat berbahasa Indonesia dengan lancar meminta waktu penulis untuk wawancara terkait dengan es cincau, dan ternyata mereka khusus datang ke Indonesia untuk membuat sebuah video dokumentasi tentang es cincau.

Maksud penulis menuturkan kisah ini adalah jika warganegara Jepang saja sampai tertarik untuk membuat sebuah video dokumentasi terkait minuman tradisional Indonesia maka kenapa kita harus malu memperkenalkannya ke dunia luar, bukankah minuman tradisional Indonesia terkenal dengan manfaatnya bagi kesehatan. Bangga dengan produk asli Indonesia.

Mesin Minuman Tradisional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s