Tantangan Menulis dan Buku

Oktober 2014, DM1 KAMMI UNS akan segera berlangsung, panitia membuat belbagai ide menarik untuk mendongkrak jumlah pendaftar. Saat itu saya mengajukan ide kepada salah satu panitia DM1 untuk membuat tantangan menulis di FB. Hadiah yang saya tawarkan untuk empat orang dengan like terbanyak adalah gratis biaya DM1 dan satu orang dengan like terbanyak akan mendapatkan sebuah buku.

Peserta DM1 yang mengikuti tantangan ini ternyata hanya berjumlah satu orang. Padahal tantangan sudah dibuat sangat mudah. Menuliskan alasan mendaftar DM1 di note FB peserta. Kenapa kami memberikan tantangan dengan bahan tulisan seperti itu. Karena kami ingin mencari peserta yang mendaftar DM1 bukan karena paksaan.

Ide tantangan menulis ini kemudian tidak hanya berakhir di DM1, tetapi saya ajukan kepada salah satu admin FB KAMMI UNS agar dapat berlanjut. Akhirnya kami membuat kesepakatan. Tantangan menulis berhadiah buku kembali digelar, dengan syarat yang sama, hanya tema kami ubah. Menuliskan opini tentang Indonesia atau dunia Islam.

Jeda tantangan menulis dibuat selama dua minggu, dari sejak buku hadiah dipublikasikan hingga nama pemenang diumumkan. Alhamdulillah cara ini mendapat respon positif. Setiap tantangan menulis berlangsung, rata-rata tiga tulisan saling berebut posisi, menjadi yang terbanyak mendapatkan like.

Bagi tulisan yang gagal mendapat like terbanyak, tulisannya tidak hanya diam dalam note FB pribadinya. Admin web KAMMI UNS dengan senang hati memuatnya dalam web lembaga. Agar lebih banyak dan luas gagasan itu tersebar.

Tantangan menulis berhadiah buku jadi ikhtiar menghidupkan budaya literasi ditubuh KAMMI UNS. Memberi apresiasi berupa buku kepada kader KAMMI UNS yang berani menuliskan gagasannya. Tulisan berubah menjadi buku, buku berubah menjadi tulisan. Harapannya ide ini tidak mati saat pergantian pemimpin.

Tantangan Menulis dan Buku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s